-->

Iklan Header

Sejarah Modem dan Penemu Modem PC


Modem adalah alat yang mengubah antara sinyal analog ke sinyal digital atau sebaliknya. Modem mengubah sinyal digital dari komputer pengirim sinyal analog yang akan ditransmisikan melalui saluran telepon. Ketika sinyal mencapai tujuannya, modem lain merekonstruksi sinyal digital asli, yang diproses oleh komputer penerima.

Fungsi modem yaitu perangkat keras komputer yang berfungsi sebagai alat komunikasi dua arah yang mengubah sinyal analog menjadi sinyal digital atau sebaliknya untuk mengirim sebuah pesan kepada alamat yang dituju. Dengan artian lain modem juga merupakan alat untuk menghubungkan komputer ke server atau jaringan internet.

Setiap orang membutuhkan modem jika ingin komputer mereka terhubung dengan jaringan internet. Belum memiliki modem?, dan akan membelinya, sebelumnya terlebih dahulu anda harus membaca artikel mengenai Tips Cara Memilih atau Membeli Modem USB Yang Tepat. Berikut ini penjelasan mengenai Sejarah Modem dan Penemu Modem PC :

Sejarah Singkat Modem

Modem yang merupakan singkatan kata dari Modulator dan Demodulator ini berawal dari kebutuhan kemiliteran, modem ini diciptakan pada tahun 1950. Modem tersebut diproduksi oleh perusahaan komputer yang cukup terkenal yaitu IBM. Fungsi modem pada saat ialah sebagai alat komunikasi dan bagian dari sistem pertahanan udara.
Tujuan dibuatnya modem itu yaitu sebagai alat penghubung pangkalan udara dengan pusat-pusat kontrol udara. Cara kerja modem pada saat mentransfer data pada saat itu ialah data ditransferkan melalui jaringan telepon dengan menggunakan gelombang analog maka modem itu mengubah gelombang tersebut, proses ini bolak balik sampai data selesai ditransfer.


Penemu Modem PC

Modem untuk personal computer atau komputer pribadi pertama kali diciptakan oleh Dennis C. Hayes (lahir pada tahun 1950) dan Dale Heatherington (lahir pada tahun 1948) pada tahun 1977. Mereka membangun teknologi yang sangat penting memungkinkan industri online sampai saat ini muncul dan berkembang.

Dale Heatherington
Dennis C. Hayes














Pada awalnya di pertengahan tahun 1970 Dennis C. Hayes meninggalkan Georgia Inistitute of Technology, dikarenakan dia bekerja di perusahaan National Data Corporation di Atlanta. Perusahaan ini bergerak dibidang transfer uang elektronik dan otoritas kartu kredit. Tugasnya saat bekerja itu untuk mengatur koneksi modem untuk pelanggan NDC. Kemudian dia bertemu Dale Heatherington di National Data Corporation. Bersama-sama mereka mengembangkan dan memasarkan produk pertamanya yang berkualitas tinggi untuk penggemar komputer pada bulan April 1977 yaitu modem board untuk bus s-100 PC modem.

smartmodem
Kemudian Hayes mendirikan sebuah perusahaan di rumahnya dengan na D.C. Hayes Associates, Inc. Pada awalnya dia berinvestasi lima ribu dollar AS. Perusahaan tersebut sangat populer di dunia IT. Pada Januari 1978 perusahaan tersebut mengganti nama menjadi Hayes Corp. Produk  mereka selanjutnya yaitu SmartModem, produk ini sangat populer membawa perusahaannya berkembang dengan pesat.

Sementara Dale Heatherington meninggalkan perusahaan dikarenakan pensiun, Dennis C. Hayes menjalankan perusahaannya sendiri sampai mengajukan kebangkrutan pada tahun 1998 ketika teknologi memasuki banyaknya produk-produk pesaing.

Dennis C. Hayes dijadikan tokoh dunia sebagai penemu modem PC, karena temuannya itu membuat kemudahan bagi para pengakses internet. Dengannya dunia internet selalu tetap online dan industri teknologi berkembang dengan pesat.

Demikianlah uraian diatas yang menjelaskan Sejarah dan Penemu Modem PC. Semoga dengan uraian diatas bisa bermanfaat untuk anda. Sekian dan terima kasih.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel