Kelebihan dan Kekurangan Monitor LCD

Kelebihan dan Kekurangan Monitor LCD - Monitor adalah sebuah perangkat output untuk menampilkan visual atau gambar dari sebuah komputer. Tanpa adanya monitor kita tidak akan melihat tampilan gambar dari hasil yang sudah diproses oleh komputer.

Kelebihan dan Kekurangan Monitor LCD, Monitor LCD, Kelebihan Monitor LCD, Kelemahan Monitor LCD

Semakin berkembangnya teknologi maka monitor juga ikut berkembang. Salah satunya monitor LCD yang cukup banyak di gunakan oleh para pengguna komputer PC. Monitor LCD kepanjangan dari kata Liquid Crystal Display, monitor ini menggunakan teknologi kristal air.

Setiap benda yang diciptakan oleh manusia pasti ada kelebihan dan kelemahan, salah satunya Kelebihan dan Kekurangan dari Monitor LCD. Jadi sebagai pengguna monitor maupun sedang ingin membeli monitor anda harus mengetahui kelebihan dan kelemahan dari monitor tersebut. Monitor juga memiliki penyakit yaitu munculnya dead pixel, jika tidak ingin mendapatkan penyakit pada monitor, anda harus mengetahui Cara Menghindari Dead Pixel Pada LCD.

Kelebihan dan Kekurangan Monitor LCD


Belum mengetahui Kelebihan dan Kekurangan Monitor LCD ?. Berikut ini uraian singkat mengenai Kelebihan dan Kekurangan Monitor LCD :

# Kelebihan Monitor LCD

  1. Ukuran Dimensi Monitor Ramping. Bentuk serta ukuran monitor yang ramping dan tidak terlalu besar membuat tempat yang akan diletakkan monitor akan hemat, sehingga monitor ini cukup cocok jika diletakkan tempat yang tidak luas.
  2. Berat Monitor Ringan. Ukuran monitor yang ramping berdampak pula terhadap beratnya. Berat monitor lcd yang ringan sehingga pengguna tidak merasa ribet jika memindahkannya, pengguna lebih mudah untuk memindahkan atau membawa monitor tersebut.
  3. Kualitas Gambar Baik. Kualitas yang dihasilkan oleh monitor lcd ini cukup baik, gambar yang dihasilkan pun lebih tajam dan lebih jernih. Sehingga cocok untuk anda yang senang multimedia maupun desain.
  4. Baik Untuk Mata. Radiasi yang ditimbulkan oleh monitor LCD lebih kecil sehingga baik bagi mata para pengguna moniotr LCD.  Monitor ini juga lebih nyaman untuk dilihat dari jarak pandang yang dekat.
  5. Hemat Daya Listrik. Penggunaan monitor LCD lebih diuntungkan karena konsumsi listrik lebih hemat dari monitor lain. Konsumsi daya listrik monitor LCD setengah dari jenis monitor CTR. 
  6. Tidak Memantulkan Cahaya. Pada monitor LCD cahaya tidak dipantulkan lagi, sehingga jika ada cahaya di arah depan monitor tidak dipantulkan kembali. Hal tersebut membuat nyaman penggunaan dari monitor karena tidak silau dari cahaya.

# Kekurangan Monitor LCD

  1. Sudut Pandang Terbatas. Sudut pandang yang terbatas membuat gambar yang dihasilkan berbeda-beda, penglihatan harus sejajar didepan monitor.
  2. Masalah Dead Pixel. Dead Pixel merupakan titik hitam yang diakibatkan adanya pixel yang mati. Dead Pixel bisa ditimbulkan dari gagalnya produksi atau dari aktivitas kita yang menimbulkan Dead Pixel. Jika layar LCD timbul Dead Pixel kita sebagai pengguna monitor akan cukup terganggu. Tidak ingin terdapat dead pixel ? berikut ini Cara Menghindari Dead Pixel Pada LCD.
  3. Layar LCD Sensitif. Komponen layar LCD sensitif, membuat rentan terhadap benturan dalam membawa monitor anda harus lebih hati-hati.
  4. Harga Monitor Lumayan Mahal. Dipasaran harga monitor LCD masih lumayan tinggi, dengan harga tersebut belum terjangkau oleh banyak kalangan.
  5. Harga Servis Mahal. Kekurangan yang satu ini karena belum banyaknya orang yang ahli dalam memperbaiki kerusakan monitor berjenis LCD dan komponen-komponen monitor susah didapat. Hal tersebutlah yang menyebabkan harga servis monitor mahal.
Itulah uraian singkat mengenai Kelebihan Monitor LCD dan Kelemahan Monitor LCD. Dengan uraian di atas semoga anda bisa menelaah lebih lanjut dalam membeli maupun merawat monitor LCD. Demikian artikel mengenai Kelebihan dan Kekurangan Monitor LCD. Semoga artikel ini bisa bermanfaat bagi para pembaca. Terima kasih atas perhatian anda.

1 Response to "Kelebihan dan Kekurangan Monitor LCD"

  1. Trims infonya. Kalo dibanding layar monitor biasa tetap unggul LCD lah.

    BalasHapus

Mohon untuk tidak mengcopy+paste artikel yang ada di blog ini. Tinggalkan jejak anda dengan berkomentar di kotak komentar dibawah ini.

Thanks

wdcfawqafwef