-->

Iklan Header

Tips Cara Membuat Password Yang Aman dan Mudah Diingat


Tips Cara Membuat Password Yang Aman dan Mudah Diingat - Kata sandi atau password merupakan suatu kata pengaman di internet untuk bisa membuka sebuah layanan baik itu email, facebook, twitter, blog, dll. Saat membuat password di perlukan keamanan yang tinggi agar password tersebut tidak mudah ditebak atau di bobol oleh orang lain.

Kata yang kita gunakan dalam membuat password haruslah aman, sulit ditebak orang lain, serta mudah diingat. Hal tersebut diharuskan saat kita membuat akun di Internet menggunakan password, jangan mengasal saat membuat password. Password yang aman sangatlah penting bagi tingkat keamanan akun kita dan juga mencegah kejadian yang kita tidak inginkan. Bagaimana cara membuat password yang aman namun mudah diingat bagi akun di Internet ?.

Berikut ini Tips Cara Membuat Password Yang Aman dan Mudah Diingat :

# pertama : Hindari Penggunaan Kata Yang Berhubungan Dengan Diri Anda
Password yang baik ialah password yang didalamnya tidak ada hubungannya dengan diri anda, baik itu teman dekat anda, kekasih anda, keluarga, tempat tanggal lahir, tempat tinggal, hobi atau sesuatu yang akrab dengan anda. Beberapa hal tersebut mesti anda hindari dalam membuat password.

#kedua : Hindari Penggunaan Password Umum
Password umum disini merupakan password yang sering digunakan oleh banyak orang atau dengan kata lain sudah umum. Password ini sering digunakan karena kemudahannya dalam menghafal dan banyak orang lebih suka dengan type password seperti ini karena lebih simpel. Anda harus menghindari penggunaan password yang sudah umum ini, karena sangat mudahnya ditebak membuat sebuah akun baik itu sosial media, email, dll rentan akan pembobolan.
Contoh password yang sudah umum : qwerty, asdfghjkl, 1234567890, abcde, dan sebagainya.

#ketiga : Menggunakan Kata Dasar Pada Password
Ketika anda hendak membuat password dan memikirkan  passsword apa yang mudah diingat namun sulit untuk ditebak oleh orang lain. Dengan kata dasar, password yang kita miliki sepertinya cukup simpel dan juga mudah diingat, namun saat membuatnya jangan asal gunakan kata dasar tersebut. Gunakan permainan kata atau huruf di dalam kata dasar tersebut, contohnya A diganti dengan 4, O diganti dengan 0, dll.
Contoh passwordnya : "makan" bisa diganti dengan "m4k4n" atau "m4KaN" atau "n4k4m", dll

#keempat : Penggunaan Permainan huruf, angka, simbol dan Pencampuran Kata Pada Password
Tips ini merupakan metode yang sangat cocok untuk membuat password menjadi kuat, aman, dan tidak mudah untuk ditebak oleh orang lain.

Contoh passwordnya : "kita berdua" menjadi "K1t4b3r2".
Contoh menggunakan metode pencampuran kata : "laptoptablet" menjadi "laptoptablet", jika kurang aman kombinasikan pencampuran kata tersebut dengan kombinasi huru, angka, maupun simbol.

Kenapa metode password ini terbilang kuat ?, karena metode kombinasi ini merupakan password dengan variasi yang rumit, dalam satu kata terdapat kombinasi-kombinasi huruf, angka, maupun simbol membuat orang tidak bisa menebak password tersebut. Agar password tersebut mudah diingat dengan menggunakan kombinasi-kombinasi maupun metode percampuran kata, sebaiknya ciptakan kata yang mengandung sebuah kesan dalam diri anda.

#kelima : Jangan Menggunakan Password Yang Sama Pada Setiap Akunnya
Menggunakan password yang berbeda pada setiap akun di internet, hal ini bisa menghindari tindak pembobolan akun oleh orang lain. Contoh kasusnya : seseorang mengetahui password akun email anda, karena anda membuat password yang berbeda disetiap akunnya, maka orang tersebut tidak akan mengetahui password akun facebook anda dengan passsword yang sama. Dari contoh kasus tersebut kita lebih baik untuk mencegah suatu hal yang tidak diinginkan terhadap akun-akun di internet dengan tidak menggunakan password yang sama.

Setiap password yang dibuat oleh anda, hanya anda yang harus mengetahui password tersebut, jangan menyebarluaskan atau memberitahui password tersebut sekalipun itu teman dekat anda. Buatlah password yang menurut kamu mudah diingat tapi sulit untuk di tebak oleh orang lain.

Demikianlah artikel yang mengenai Tips Cara Membuat Password Yang Aman dan Mudah Diingat, semoga artikel diatas bisa berguna bagi anda. Semua tips di atas tergantung dari anda, saya hanya menyampaikan agar anda bisa mengetahuinya. Terimakasih atas perhatian anda.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel