-->

Iklan Header

Tips Cara Merawat Laptop atau Notebook Yang Benar

Tips Cara Merawat Laptop atau Notebook Yang Benar, Laptop, Merawat Laptop, Membersihkan Laptop

Tips Cara Merawat Laptop atau Notebook Yang Benar - Komputer ataupun Laptop merupakan sebuah alat modern yang selalu dibutuhkan oleh sebagian manusia. Seiring dengan banyaknya penggunaan laptop, maka kita harus tahu cara untuk merawat laptop. Laptop bukanlah sebuah perangkat yang begitu rumit seperti komputer desktop, maka dari itu cara merawat laptop tidak terlalu susah.

Merawat laptop dengan mudah tanpa harus ribet bisa kita lakukan di kesibukan sehari-harinya. Walaupun kita sibuk dengan urusan pekerjaan ataupun yang lainnya, kita bisa mencuri waktu untuk merawat laptop. Jika kita mempunyai laptop yang terawat, niscaya anda pasti merasa senang dan betah bermain laptop dan juga laptop anda menjadi lebih awet. Laptop awet membuat kita merasa lebih senang tanpa harus mengeluarkan uang untuk jasa perbaikan laptop.

Berikut ini Tips Cara Merawat Laptop atau Notebook Yang Benar, yang bisa anda terapkan :

1. Selalu Rajin Membersihkan Laptop
Rajin dan rutin dalam membersihkan laptop kesayangan anda dari debu, jika anda sangat sibuk bersihkanlah minimal satu kali dalam seminggu. Debu-debu yang berada disekitar laptop dan khususnya di sekitar lubang ventilasi laptop bisa membuat kerusakan pada laptop anda, tidak ingin rusak ? maka dari itu anda harus membersihkan laptop secara rutin dan berkala.  Hal ini merupakan kegiatan yang paling utama dalam merawat laptop maupun barang kesukaan anda lainnya.
Tips Cara Merawat Laptop atau Notebook Yang Benar, Laptop, Merawat Laptop, Membersihkan Laptop,
Anda perlu baca artikel Tips Cara Membersihkan Keyboard Dengan Baik untuk panduan dalam membersihkan keyboard laptop anda.  Setelah anda menggunakan laptop usahakan untuk selalu membersihkan laptop dengan cara dilap dengan kain yang halus dan bersih. Saran dari saya belillah pelindung keyboard laptop dan pelindung lcd laptop yang anda bisa beli di toko komputer.

2. Jangan Biasakan Untuk Menaruh Benda Dengan Beban Berat di Atas Laptop
Tips Cara Merawat Laptop atau Notebook Yang Benar, Laptop, Merawat Laptop, Membersihkan Laptop, benda berat diatas laptop
Jangan pernah menaruh benda berat di atas laptop (misalnya buku-buku ataupun yang lainnya) hal ini bisa berakibat LCD laptop anda mengalami kerusakan. Tidak inginkan ?, mulai dari sekarang hindarilah untuk menaruh benda berat diatas laptop. Lebih baik mencegah dari pada memperbaikinya.

3. Gunakan Coooling Pad Jika Laptop Bersuhu Tinggi
Tips Cara Merawat Laptop atau Notebook Yang Benar, Laptop, Merawat Laptop, Membersihkan Laptop, Cooling pad Laptop
Mungkin sebagian orang tidak terlalu menganggap  cooling pad itu penting. Cooling pad diletakkan dibawah laptop terdiri dari kipas-kipas kecil. Cooling pad berfungsi untuk mendinginkan suhu pada laptop. Laptop kita terlalu panas gunakan lah cooling pad, cooling pad ini berguna untuk melancarkan sirkulasi udara laptop yang baik. Jika anda tidak mempunyai cooling pad belilah di toko komputer terdekat dan baca artikel ini Tips Cara Membeli Cooling Pad Laptop Yang Benar sebelum anda membeli cooling pad laptop.

4. Hindari Penggunaan Laptop di Atas Kasur
Tips Cara Merawat Laptop atau Notebook Yang Benar, Laptop, Merawat Laptop, Membersihkan Laptop, Penggunaan Laptop diatas kasur
Saat laptop menyala dan digunakkan diatas kasur atau diatas kain yang lembut bisa berdampak buruk bagi komponen-komponen laptop. Laptop mengeluarkan suhu panas dari dalam, jika dibawahnya itu kain yang lembut maka kain ataupun kasur bisa menyerap panas, dan laptop tidak melakukkan proses sirkulasi udara dengan baik. Hal tersebut bisa berdampak negatif karena laptop perlu melakukkan proses sirkulasi udara panas yang baik.

5. Jauhkan Laptop Dari Air
Tips Cara Merawat Laptop atau Notebook Yang Benar, Laptop, Merawat Laptop, Membersihkan Laptop, jauhkan laptop dari air
Jangan sampai laptop anda terkena air, biasakanlah untuk tidak mendekatkan benda cari yang bisa tumpah ke laptop. Misalnya kopi, teh atau air putih, benda ini jika dekat dengan laptop bisa dengan mudah untuk tumpah secara tidak sengaja , jauhkan benda-benda ini dari laptop. Jika laptop terkena air atau ketumpahan minuman bisa merusak komponen dalam laptop.

6. Jauhkan Dari Benda Magnet
Demi mencegah kerusakan LCD laptop atau pun hardware lainnya jauhkan benda yang mengandung medan magnet atau elektromagnetik. Salah satu benda yang mengandung elektromagnetik itu ialah Handphone, Speaker, Kipas, dan lain sebaginya.

7. Simpanlah Laptop Dengan Benar
Jika anda tidak menggunakan laptop dalam jangka yang panjang dan ingin menyimpannya, terlebih dahulu anda perlu untuk melepaskan batterai laptop, dan terlebih dahulu untuk membersihkan seluruh bagian laptop.  Simpanlah ditempat yang memiliki sirkulasi udara yang cukup baik dan ditempat yang sejuk dan kering.

Itulah artikel mengenai Tips Cara Merawat Laptop atau Notebook Yang Benar, semoga tips diatas bisa anda terapkan dalam merawat laptop kesayangan anda. Sekian dari saya saya ucapkan terima kasih atas perhatian anda.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel