-->

Iklan Header

Etika Dalam Penggunaan Internet

Etika Dalam Penggunaan Internet - Internet adalah sebuah media yang memberikan kemudahan dalam berinteraksi ke semua orang hanya duduk di depan komputer. Kehadiran internet membuat kehidupan masyarakat menjadi lebih mudah. Dulu masyarakat untuk memberi kabar atau informasi  kepada kerabat memilih cara tradisional yaitu surat dikirim melalui kantor pos. Sekarang dengan hadirnya internet kita dimudahkan mengirim surat, hanya mengetik surat di komputer  lalu dikirim melalui internet atau sering disebut e-mail.

Sama dengan di dunia nyata, di dunia maya pun ada aturan tersendiri. Saat di dunia maya kita tidak bisa seanaknya bertindak dengan bebas. Kenapa etika ini perlu, karena saat kita berinteraksi di dunia maya kita harus menjaga perasaan atau keharmonisan kita dengan penghuni dunia maya.

Etika atau sering orang menyebutnya dengan Netiket, Istilah Netiket ini berasal dari kata Nettiquette singkatan kata dari "Network Etiquette". Nitiket adalah etika berinteraksi atau berkomunikasi dalam dunia maya. Apa saja etika di internet ?.

Berikut ini daftar etika dalam penggunaan internet secara umum (e-mail, pasang status di social media, memposting di blog atau di fourm dan lain-lain) yang perlu dan penting bagi anda untuk diketahui :

Huruf Kapital
Dalam penulisan di dunia maya kita tidak boleh menggunakan huruf kapital dalam satu kalimat ataupun lebih. Kenapa? karena penulisan kapital semua pengguna internet menganggap anda itu sedang berteriak atau anda sedang emosi. Jadi, jangan membuat pengguna internet lain menjadi tersinggung. Saat anda sedang menulis postingan atau update status lebih baiknya cek terlebih dahulu capslock pada keyboard.

Harus Sopan
Saat berkomentar di sebuah blog atau memposting artikel di blog/forum sebaiknya anda menggunakan bahasa yang sopan dan bisa dimengerti. Jika kita sopan membuat teman kita di dunia maya merasa lebih nyaman saat berinteraksi dengan kita.

Dilarang Spam
Spam atau menyampah di internet maksudnya adalah ketika anda membuat komentar (baik diforum/blog/social media/e-mail) secara berlebih. Jangan sekali-kali anda menyepam nanti anda dicap sebagai spammer oleh pengguna dunia maya lainnya.


Hati - Hati Berita Hoax
Hoax adalah berita palsu yang tidak terbukti kebenarannya yang disebarkan oleh orang-orang yang jail. Tidak semua berita yang ada di internet semuanya benar, jadi anda harus mencari kebenaran berita itu. Ketika anda menemukan sebuah berita yang heboh, jangan langsung untuk di share cari terlebih dahulu kebenaran dari isi berita tersebut.


Jangan Tebar Isu Berbau SARA
SARA singkatan dari Suku, Agama, Ras dan Antar-golongan. Hindari postingan yang berbau SARA, karena dengan kita menjaganya persatuan dan kesatuan kita tetap kokoh.

Jangan Menipu
Menipu merupakan tindakan yang sangat dibenci atau tidak disukai oleh orang banyak khususnya oleh pengguna internet. Jangan sekali-kali anda mencoba untuk menipu karena ini perbuatan yang haram hukumnya baik di dunia nyata maupun di dunia maya.

Bijak Meng-copy Artikel di Sebuah Situs
Copy-paste artikel lalu mempostingkan kembali disitusnya merupakan tindakan kurang terpuji, apalagi tidak mencantumkan link sumber artikel aslinya. Saran dari saya jangan meng-copy artikel orang lain lebih baik menulis sendiri artikel yang kita mau.

Dengan artikel diatas saya berharap anda semua bisa mengetahui dan mengerti isi dari artikel mengenai etika dalam penggunaan internet. Jika ada kesalahan dalam penulisan baik itu sengaja ataupun tidak disengaja harap dimaklumi. Terimakasih atas perhatian anda.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel